• Tjokorda Putra Surya Dharma

BAHAGIA MENGAJAR DENGAN VR, NOVA LINA MENGHADAP BUPATI


Senin, 17 Oktober 2022, menjadi salah satu momen bahagia bagi Ibu Nova Lina, sebagai salah satu pendidik di Kabupaten Natuna. Konsistensi beliau dalam menggunakan Virtual Reality pada proses pembelajarannya, ternyata ditindaklanjuti oleh Pemerintah Kabupaten Natuna sendiri. Alhasil beliau mendapatkan kesempatan untuk bertemu dengan Bapak ​​Wan Siswandi, S. Sos., M. Si., selaku Bupati Natuna. Pada kesempatan tersebut, Ibu Nova memperkenalkan secara jelas mengenai teknologi Virtual Reality MilleaLab itu sendiri, dan bagaimana pengimplementasiannya dalam proses pembelajaran di ruang kelas. Ibu Nova juga turut memberi pandangannya mengenai impact apa saja yang dirasakannya sebagai pendidik dan yang dirasakan oleh peserta didik saat memanfaatkan teknologi Virtual Reality dalam proses pembelajarannya.


Kebahagiaannya dalam menggunakan Virtual Reality, diawali dengan bergabungnya beliau pada Ikatan Guru Indonesia, atau IGI di wilayah Natuna. Pada tahun 2021, MilleaLab berkolaborasi dengan IGI untuk mengadakan workshop mengenai pembelajaran berbasis Virtual Reality, bagi pendidik di Indonesia, dan Ibu Nova berkesempatan untuk mewakilkan wilayah Natuna. Usai mengikuti workshop dengan tuntas, akhirnya Ibu Nova bergabung dengan komunitas yang diinisiasi oleh MilleaLab, yaitu Pendekar VR. Ketika bergabung pada Pendekar VR inilah beliau merasa berkembang. “ Saya hanya ingin mengembangkan diri jauh lebih baik saja, dan ternyata semakin tertarik untuk membuat konten di MilleaLab Creator. Segala kegiatan yang berkaitan dengan kreasi adalah suatu hal yang saya suka, apalagi itu sesuatu yang berbeda dan jarang digunakan orang kebanyakan,” ujar Ibu Nova ketika ditanya mengenai alasan tergabung dalam Pendekar VR.


Seiring berjalannya waktu, Ibu Nova semakin konsisten dalam menggunakan MilleaLab pada kegiatan belajar mengajarnya. Apa yang dilakukan Ibu Nova tersebut mendapatkan respon dan apresiasi dari Sekda Kabupaten Natuna. “Sekda Natuna antusias dengan perkembangan IT. Beliau langsung membuatkan kami janji dengan Bupati, dengan tujuan Bapak Bupati juga turut merasakan perkembangan IT di Natuna,” tegas Ibu Nova. Hingga tiba pada waktu pertemuan, Ibu Nova memperkenalkan dan menyarankan beliau untuk mencoba salah satu konten pembelajaran menggunakan kacamata VR. Setelah mencobanya, Bapak Bupati bertanya, apa saja yang bisa dibantu untuk ini semua? “Kami pun mendorong Bupati dan Kadisdik untuk menggiring para pendidik di Natuna dalam mengikuti kegiatan workshop mengenai Virtual Reality dari MilleaLab,” ujarnya.


Berdasarkan pertemuan itu, Ibu Nova berpesan kepada seluruh pendidik di Kabupaten Natuna, “Teruslah berjuang mengembangkan diri dengan bahagia, sebab setiap pendidik punya bakat dan minat masing-masing. Dengan begitu, pendidik mampu memberikan yang terbaik kepada peserta didik. Tidak perlu merasa bersaing dengan pendidik lain, cukuplah menjadi versi terbaik diri, lalu saling melengkapi. Anak-anak Natuna butuh pendidik yang terus semangat Lillah tanpa lelah, Lillah tanpa disalah, tetapi diberi arah,” ucap Ibu Nova. Secara tidak langsung, melalui pengalaman Ibu Nova tersebut kita dapat memahami betapa pentingnya untuk menjadi pribadi yang bahagia dan konsisten dalam menyebarkan praktik baik.