• Tjokorda Putra Surya Dharma

Millealab Menginisiasi Pendekar VR, Pendidik Kota & Kabupaten Ambassador VR


Pada tahun 2022 ini, Millealab berhasil mendapatkan perhatian masyarakat Indonesia. Hal tersebut dibuktikan dengan munculnya Pendekar VR, sebagai komunitas yang berfokus dalam menaungi para pendidik Indonesia. Di mana para pendidik tersebut tergabung dalam Millealab sebagai VR ambassador. Pada dasarnya, VR ambassador sendiri telah berdiri sejak 2019. Namun nama tersebut dieksklusifkan menjadi Pendekar VR pada bulan Agustus 2021, yang merupakan singkatan dari Pendidik Kota & Kabupaten Ambassador VR. Hingga saat ini, Pendekar VR memiliki anggota mencapai 264 orang, yang tersebar pada beberapa wilayah di Indonesia. Di antaranya mayoritas berdomisili di Bali, Jawa Timur, dan Sulawesi Utara. Tidak berhenti sampai di sini, dipastikan terdapat penambahan anggota, seiring dengan dibukanya pendaftaran affiliate berdasarkan rekomendasi dari anggota Pendekar VR, yang memiliki rekan sesama pendidik untuk bergabung bersama pada komunitas Pendekar VR ini. Hal ini bertujuan untuk menyebarkan praktik baik terkait teknologi Virtual Reality dalam kegiatan belajar mengajar.


Selayaknya komunitas pada umumnya, Pendekar VR juga memiliki program kerja yang hingga saat ini mencapai lebih dari 500 program pelatihan yang telah dilangsungkan. Salah satu program rutinnya adalah VR of The Month dan Padepokan VR. Di mana program-program tersebut bertujuan untuk mengoptimalkan kemampuan para pendidik terkait penggunaan teknologi Virtual Reality dalam proses pembelajaran. Tidak hanya program berbasis pelatihan saja, melainkan juga terdapat program kompetisi Pendekar VR, dan para anggota berkesempatan untuk mendapatkan reward. Bahkan salah satu pendidik, Bapak Sultani, S.PD, MM, mengaku merasakan manfaat ketika bergabung pada komunitas Pendekar VR ini. Beliau mengaku bahwa dirinya merasa terbantu dalam penyusunan materi pengajaran menjadi lebih menarik bagi peserta didik. Sehingga beberapa program tersebutlah yang saat ini menjadi fokus utama dalam pengembangan komunitas Pendekar VR ini, terutama pada divisi Community Development & Public Relations.


Dari beberapa program tersebut, Pendekar VR juga berpengalaman dalam mengadakan pertemuan pertama komunitas yang menggunakan teknologi VR secara synchronous. Di mana pada saat itu Pendekar VR mengadakan kegiatan sharing session menggunakan platform Spacecollab. Salah satu produk karya Shinta VR ini merupakan platform multiplayer Virtual Reality, sebagai sistem pertemuan virtual yang dapat menghubungkan orang-orang di seluruh dunia dengan tampilan 3D yang memanjakan mata, menjaga komunikasi waktu nyata, dan berkolaborasi di berbagai ruang. Hal ini tentunya berhasil menciptakan pengalaman yang baru bagi komunitas Pendekar VR. Pengalaman ini sekaligus menjadi pengalaman paling unik dan seru selama komunitas Pendekar VR berjalan.


Tujuan Millealab menginisiasi Pendekar VR ini, diharapkan dapat membantu mentransmisikan peran teknologi Virtual Reality dalam ranah pendidikan secara lebih luas lagi. Dalam rangka mencapai tujuan tersebut, para anggota Pendekar VR juga diharapkan memiliki passion dan pengetahuan yang luas dalam bidang education technology, terutama Virtual Reality. Terlebih lagi dalam situasi pandemi seperti saat ini yang mengharuskan segala kegiatan dilakukan secara terbatas. Sehingga para pendidik dituntut untuk menciptakan kegiatan belajar mengajar yang inovatif.


Sebagai bagian dari Community Development & Public Relations Shinta VR, Mashita Trisha berharap Pendekar VR dapat menjadi wadah bagi para pendidik, untuk dapat meningkatkan kreativitas dan berinovasi dalam pengembangan metode pelajaran yang menarik. Sehingga terdapat relevansi antara kegiatan belajar mengajar dengan kecanggihan teknologi 4.0, tidak hanya sebatas kuantitas, melainkan juga kualitas di dalamnya.