• Jelita Cahyaningtiyas

MILLEALAB, Solusi Virtual Reality Terintegrasi bagi Dunia Pendidikan!


 


Virtual Reality (VR) dalam bahasa Indonesia dikenal dengan istilah realitas maya. Virtual Reality (VR) adalah sebuah teknologi yang membuat pengguna dapat berinteraksi dengan lingkungan yang ada di dalam dunia maya yang disimulasikan oleh komputer, sehingga pengguna merasa berada di dalam lingkungan tersebut. Penggunaan Virtual Reality (VR) banyak dikenal melalui game, pariwisata, kedokteran, dan lainnya. Bagaimana dengan Pendidikan?


Virtual Reality (VR) dalam Dunia Pendidikan

Virtual Reality (VR) telah memasuki dunia pendidikan sebagai media pembelajaran inovatif yang membantu guru memberikan pembelajaran yang menyenangkan dan interaktif. Terdapat beberapa keunggulan jika menggunakan Virtual Reality (VR) dalam proses pembelajaran, yaitu menurut penelitian Universitas Saga, Jepang dan Universitas Cambridge, Inggris bahwa “Virtual Reality (VR) dapat membuat penggunanya berada dalam dunia virtual secara penuh, dengan minim distraksi dan skenario belajar tanpa batas , meningkatkan konsentrasi hingga 6 kali lipat dan peningkatan memori hingga 30%”. Keunggulan lainnya adalah Virtual Reality (VR) merupakan teknologi Imersif. Teknologi ini mengaburkan batasan antara dunia nyata dengan dunia simulasi, sehingga siswa dapat berinteraksi dan merasakan suasana yang mirip dengan dunia nyata. Hal ini dapat membuat siswa terinspirasi secara emosional dan mempengaruhi keinginan positif mereka untuk terus belajar.


Selain itu, penggunaan Virtual Reality (VR) dalam pendidikan dapat memvisualisasikan apa yang mereka pelajari dari sudut pandang yang berbeda, dalam tampilan tiga dimensi, memungkinkan mereka untuk lebih menikmati waktu belajar mereka. Siswa menyerap informasi jauh lebih baik jika mereka memasuki lingkungan 3D yang membuat segalanya lebih menarik dan menyenangkan. Siswa juga dapat menggunakan Virtual Reality (VR) untuk mempelajari tentang karier yang mungkin menjadi minat mereka, dan memungkinkan mereka menentukan masa depan dengan lebih baik. Dan penggunaan teknologi VR dapat menghemat biaya fasilitas praktik atau kegiatan simulasi lainnya yang semakin menjadi kegiatan utama dalam pembelajaran.


MILLEALAB - Aplikasi VR untuk Pendidikan

Terdapat aplikasi Virtual Reality (VR) untuk pendidikan yaitu MilleaLab. MilleaLab adalah platform VR berbasis komputasi awan (cloud computing) yang didesain untuk Pendidikan. MilleaLab membuat guru, trainer, dan coach dapat membuat konten pembelajaran berbasis VR sesuai dengan tujuan pembelajaran. Keunggulan MilleaLab yaitu dapat dioperasikan semua guru dengan mudah tanpa harus coding, dapat dioperasikan dengan komputer medium hingga low spec, terintegrasi dengan cloud sehingga menjadikan proses penyimpanan sangat cepat, dan penghematan yang dicapai sangat besar, yaitu hingga 95% jika dibanding teknologi lainnya. Oleh karena itu, MilleaLab menjadi solusi VR terintegrasi bagi dunia Pendidikan.