• Tjokorda Putra Surya Dharma

PELUANG KARIR SEBAGAI 3D ARTIST DI INDONESIA TERBUKA LEBAR


Di tahun 2022 ini, telah banyak bermunculan film-film maupun video game yang sangat memanjakan mata para penikmatnya. Seperti halnya film "The Avengers: End Game" yang berhasil menembus 11,2 juta penonton di seluruh dunia. Padahal sebagian besar adegan yang terdapat di film tersebut sangat bertolak belakang dengan kehidupan realitas masyarakat saat ini. Misalnya pada karakter Thor yang memiliki palu sebagai senjata andalannya. Palu milik Thor tersebut memiliki kekuatan yang akan memancarkan kilat-kilat biru jika hendak dibutuhkan. Faktanya, kondisi tersebut hanyalah sebuah imajinasi dari para penulisnya, yang memanfaatkan kecanggihan teknologi dan kemampuan seorang 3D artist untuk membantu memvisualisasikannya. Alhasil para penonton pun dapat menikmati sensasi yang seakan-akan cerita tersebut nyata adanya. Sementara itu, game yang sering dinikmati oleh masyarakat seperti Mobile Legends, Genshin Impact, dan sebagainya juga tidak dapat terhindarkan dari peran seorang 3D artist. Terlebih lagi munculnya tren Metaverse, teknologi Virtual Reality, dan Augmented Reality, menandakan semakin banyak konten 3D yang dibutuhkan.


Pada dasarnya, profesi seorang 3D artist ini merupakan hasil kolaborasi dari kemampuan menggambar dengan tangan dan kecakapan dalam mengoperasikan software komputer. Dengan demikian, seorang 3D artist juga tergolong sebagai seniman yang memanfaatkan kecanggihan teknologi untuk meningkatkan value dari seni itu sendiri. Salah satu cara untuk menjadi seorang 3D artist adalah dengan menempuh pendidikan paling tidak S1. Bahkan tidak sedikit seorang 3D artist terkenal yang memiliki gelar S2. Biasanya jurusan-jurusan yang dapat ditempuh seperti seni rupa, desain grafis, multimedia, dan jurusan terkait lainnya. Meskipun demikian, tidak menutup kemungkinan untuk menjadi seorang 3D artist dengan latar belakang pendidikan yang bertolak belakang dengan jurusan-jurusan tersebut. Karena pada era saat ini, terdapat berbagai program kursus maupun pelatihan untuk meningkatkan kemampuan kita sesuai dengan apa yang kita inginkan.


Di Indonesia sendiri, saat ini peluang mengenai profesi 3D artist ini sangat terbuka lebar. Pasalnya masih tergolong sedikit orang yang terjun ke dalam bidang ini. Ditambah lagi dengan kecanggihan teknologi digital saat ini, semakin mendorong para penggiat industri untuk mencari orang-orang dengan kemampuan 3D artist yang mumpuni. Bahkan karir seorang 3D artist ini diperkirakan akan meningkat sebanyak 4% hingga 2028 nanti dengan bayaran kisaran Rp4,9 Juta bagi para pemulanya. Tentunya bayaran tersebut akan terus meningkat beriringan dengan tingkat keahlian 3D artist itu sendiri. Kelebihan lainnya lagi, profesi seorang 3D artist tidak harus bekerja dari kantor, bekerja dengan metode remote pun cukup sering terjadi di Indonesia, sesuai kesepakatan antara 3D artist tersebut dengan kantor tempat dirinya bekerja


Terlepas dari kelebihan seorang 3D artist tersebut, terdapat hal-hal yang harus diperhatikan sebelum terjun ke dalam bidang ini. Mulai dari kecakapan dalam menguasai software, portofolio, dan networking. Portofolio merupakan hal yang penting bagi suatu perusahaan untuk melihat seorang 3D artist apakah layak untuk digandeng atau tidak. Sedangkan networking, bersifat sangat penting untuk mengenal lebih banyak 3D artist. Pasalnya dengan mengenal lebih banyak orang yang se profesi, semakin banyak ilmu dan pengetahuan yang bisa dikembangkan. Salah satu cara untuk memenuhi hal-hal tersebut adalah melalui kegiatan webinar yang akan diselenggarakan pada tanggal 10 September 2022. Webinar dengan topik “The Best Way to be More Creative and Get Your Career Opportunity through 3D Animation” ini diinisiasi oleh MilleaLab, dengan mengundang Wisnu Danur Wendo selaku Chief Creative Officer & Senior 3D Artist Shinta VR, sebagai pembicara. Wisnu sendiri telah memiliki segudang pengalaman dalam profesi 3D artist ini. Mulai dari menjadi mentor pada 3D artist, hingga menyelesaikan beberapa project 3D berkaitan dengan konten Virtual Reality. Untuk informasi lebih lengkapnya, dapat menghubungi atau melihat akun Instagram resmi @pendekarvr.