• Jelita Cahyaningtiyas

Tingkatkan Kreativitasmu dengan Virtual Reality (VR)


 


Virtual Reality (VR) merupakan teknologi yang sedang berkembang dan akan terus berkembang ke depannya. Potensi penggunaan Virtual Reality (VR) pada berbagai bidang sangat besar, misalnya bidang properti, hiburan, pendidikan dan lainnya. Virtual Reality (VR) membuat pengguna masuk ke lingkungan realitas maya dan dapat berinteraksi seolah pengguna berada di lingkungan tersebut secara nyata sehingga segala pengalaman yang dirasakan tertanam secara jelas oleh pengguna. Dengan menggunakan Virtual Reality (VR), pengguna dapat berada di tempat dan waktu yang tak terbatas. Pengguna dapat berada di Gua pada masa sejarah atau bahkan tempat yang tak mungkin dapat dijangkau di dunia nyata secara awam, seperti bulan dan planet lainnya di tata surya.

Kreativitas, Soft Skill yang Dibutuhkan di 2021

Kreativitas menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia merupakan kemampuan untuk mencipta. Kreativitas dapat pula berarti kemampuan untuk menciptakan sesuatu yang baru dan berbeda dari sebelumnya. Kreativitas merupakan salah satu soft skill yang memiliki posisi teratas dan banyak dicari terlebih di 2021. Keadaan pandemic sekarang membuat setiap orang harus kreatif dan inovatif karena dengan kreativitas dapat membantu dalam mencari solusi atas berbagai permasalahan yang timbul dari efek pandemic tersebut.


Di era industri 4.0 ini yang mana teknologi canggih sudah marak digunakan, seperti penggunaan robot untuk melakukan pekerjaan manusia. Hal ini membuat manusia harus lebih kreatif dan inovatif karena pada dasarnya manusia lah yang menciptakan teknologi canggih untuk kehidupan yang lebih baik. Untuk itu, kreativitas merupakan kemampuan yang wajib dimiliki karena dilansir dari World Economic Forum bahwa soft skill sangat dibutuhkan untuk perubahan pada 2020 dan seterusnya, terutama karena adanya Industri 4.0. Soft Skill tersebut di antaranya terdiri dari pemecahan masalah yang komplek, berpikir kritis, kreativitas, manajemen manusia, berkoordinasi dengan orang lain, kecerdasan emosional, penilaian dan pengambilan keputusan, berorientasi servis, negosiasi, dan fleksibilitas kognitif.

Virtual Reality (VR) dapat Meningkatkan Kreativitas

Virtual Reality (VR) memiliki banyak kegunaan, seperti meningkatkan daya imajinasi, pemahaman, dan kreativitas. Virtual Reality (VR) dapat meningkatkan kreativitas dibuktikan oleh sebuah studi penelitian baru-baru ini di China. Dalam penelitian ini, semua peserta didik melakukan serangkaian masalah di mana seseorang diminta untuk menghasilkan kegunaan novel untuk objek yang sama. Sebagian hadir dengan penggunaan yang tidak biasa saat mereka berjalan menyusuri koridor virtual dengan permasalahannya yaitu apakah perlu merobohkan tembok atau tidak? Sebagian peserta didik memilih untuk merobohkan tembok itu, tetapi sebagian lainnya memilih untuk tidak merobohkannya.


Peneliti di China menemukan bahwa pengguna VR yang ditugaskan untuk merobohkan dinding virtual kemudian menampilkan performa kreatif yang superior dalam simulasi dibandingkan dengan pengguna yang tidak menghadapi kendala. Para peneliti juga menemukan bahwa pengguna ini menunjukkan tingkat ketekunan dan fleksibilitas yang lebih tinggi, yang menunjukkan bahwa pengalaman virtual dalam mengatasi hambatan meningkatkan pemrosesan konseptual. Kajian ini telah dipublikasikan di jurnal Consciousness and Cognition.